Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 2 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survei pada SMA Negeri di Karawang)

Meilia Prehartanti (1: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2: MI Al-Istiqlal Karawang)
Syahid Syahid (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Pengaruh persepsi atas model pembelajaran Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran brainstroming dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.Penelitian ini menggunakan penelitian metode penelitian survey, dengan jumlah populasi 870 dan sampel sebanyak 87 dari responden SMA Negeri di Karawang. Hasil membuktikan persepsi atas Model pembelajaran brainstromingdan motivasi  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Ekonomi. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 12,696. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,046< 0,05 dan thitung = 2.021. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,101    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...