Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar akuntansi 3. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 64 siswa kelas XI tahun ajaran 2019/2020 yang berasal dari dua SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 11.745. Variabel perhatian orangtua dan motivasi belajar ini secara bersama-sama memberikan kontribusi kepada variabel prestasi belajar akuntansi sebesar 28%. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,032 < 0,05 dan thitung = 2,198. Kontribusi variabel perhatian orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 12,2%. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan thitung = 2,650. kontribusi motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 15,7%.
Copyrights © 2019