Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi (3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi (2) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi (3) terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi.
Copyrights © 2021