Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 3 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Maria Hendrifikana Dhema (Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)
Heru Suparman (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) pengaruh persepsi atas pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) pengaruh kemampuan berpikir terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi ganda. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP Swasta di Jakarta Timur pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa dengan menggunakan teknik sampel adalah simpel random sampling. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan pemberian soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...