Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 2 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Model Teori tentang Tata Nilai Sekolah pada P5 dalam Konteks Pendidikan Multikultural di SMA SMART Ekselensia Indonesia

Gumilang, Muhammad Shirli (Unindra)
Sumaryoto, Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Simorangkir, Sahat T. (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teori tentang tata nilai sekolah dalam konteks Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan pendekatan Grounded Theory di SMA SMART Ekselensia Indonesia. Melalui pendekatan ini, penelitian mengeksplorasi dinamika integrasi antara tata nilai sekolah dan implementasi P5, khususnya dalam konteks pendidikan multikultural. Metode penelitian ini melibatkan wawancara, observasi langsung, dan analisis dokumen untuk memahami interaksi kompleks antara berbagai variabel yang terlibat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tata nilai sekolah bukan hanya menjadi formalitas semata, melainkan menjadi kesatuan terintegrasi dalam setiap aspek kehidupan sekolah, termasuk dalam proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Integrasi ini mempengaruhi proses penilaian, kepemimpinan, budaya sekolah, dan pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, ditemukan bahwa implementasi P5 pada sekolah yang terbiasa dengan pembelajaran berbasis proyek memiliki tantangan tersendiri, namun tidak tanpa potensi untuk menciptakan proses pendidikan karakter yang kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...