Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi bagi peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik adalah dengan membiasakan peserta didik mengerjakan soal-soal HOTS dalam proses pembelajaran. Berdasarkahn hasil observasi awal yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa dalm pembelajaran guru telah melakukan penilaian berbasis HOTS, namun masih banyak yang merasa kesulitan untuk mengembangkan soal HOTS yang baik. beberapa guru masih cenderung mengadaptasi soal-soal yang telah ada. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberikan pelatihan penyusunan soal HOTS. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap yang meliputi pemberian materi, diskusi, praktik dan kerja mandiri. Selain itu juga dilakukan evaluasi dengan menggunakan angket kepuasan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa Ada peningkatan kemampuan guru peserta pelatihan dalam membuat soal-soal HOTS yang dibuktikan dengan soal-soal yang telah dikembangkan. Selain itu Hasil respon peserta menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat ini memiliki skor rata-rata 3,79 (Kriteris Sangat Baik). Kata kunci: Soal, HOTS, Pelatihan Guru
Copyrights © 2023