Strategi inovatif untuk meningkatkan retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif adalah penerapan Sistem Pendukung Keputusan (DSS) dalam pemilihan pelanggan setia, yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyediakan informasi yang relevan dan analisis yang mendalam, yang memungkinkan manajemen membuat keputusan yang lebih baik untuk menemukan dan mempertahankan pelanggan setia. Pada tahap awal, sistem ini menentukan komponen penting yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, seperti interaksi pelanggan, tingkat kepuasan, dan preferensi produk. Basis data terintegrasi mengolah dan menyimpan data ini. Untuk memprediksi retensi pelanggan di masa depan, DSS kemudian melihat pola perilaku pelanggan menggunakan model prediktif. Antarmuka pengguna yang baik memungkinkan manajemen melihat hasil analisis, membuat keputusan, dan membuat strategi retensi pelanggan. DSS juga memungkinkan manajemen melakukan simulasi dan skenario untuk melihat bagaimana berbagai tindakan strategis dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Jika DSS digunakan untuk memilih pelanggan yang setia, ada banyak manfaat, seperti peningkatan efisiensi operasional, peningkatan pengambilan keputusan berbasis data, dan peningkatan kesetiaan pelanggan. Perusahaan dapat menemukan peluang untuk meningkatkan layanan, mengubah taktik pemasaran, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan menggunakan AI dan analisis data yang mendalam. Untuk mencapai keunggulan bersaing dalam lingkungan bisnis yang terus berubah, penerapan DSS dalam pemilihan pelanggan setia menjadi kunci. Ini akan membangun fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang. Tingkat kepuasan pelanggan, frekuensi, jumlah, dan umur hubungan pelanggan dengan perusahaan adalah beberapa komponen yang dipertimbangkan dalam hal ini. Setiap elemen diberi nilai berdasarkan tingkat pentingnya. Identifikasi kebutuhan merupakan bagian dari prosedur pengembangan SPK informasi, desain model, pengumpulan data, normalisasi data, perhitungan bobot relatif, perhitungan nilai preferensi, dan pengambilan keputusan. Hasil implementasi ini diharapkan dapat membantu bisnis menemukan pelanggan yang paling setia, yang akan memungkinkan mereka menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik dan efisien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023