Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 01 (2024): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern

Kusumawati, Ira (Unknown)
Nurfuadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Integrasi kurikulum pesantren dalam konteks kurikulum nasional pada pondok pesantren modern adalah konsep yang bertujuan menyatukan pendidikan agama pesantren dengan pendidikan umum nasional, menciptakan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan komprehensif. Beberapa pondok pesantren modern di Indonesia telah menerapkan integrasi ini, meningkatkan kualitas pendidikan agama dan moral. Landasan teori mencakup pemahaman tentang kurikulum pendidikan, kurikulum pesantren, dan kurikulum nasional, dengan integrasi bertujuan memberikan pendidikan holistik dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia modern. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan, dan hasil temuan menunjukkan dampak positif, termasuk peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan identitas keislaman siswa. Perkembangan kurikulum pesantren, konsep integrasi, alasan, tujuan, proses, dan tantangan integrasi dijelaskan dalam hasil temuan, dengan implikasi penelitian untuk pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Kesimpulan menekankan pentingnya integrasi kurikulum pesantren dalam kurikulum nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat identitas keislaman, dan mempersiapkan siswa menghadapi dunia modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...