Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 02 (2024): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Abad ke-21 di SMP Daarut Tauhiid Boarding School

Hari Nugraha Saputra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aim Abdulkarim (Universitas Pendidikan Indonesia)
Susan Fitriasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kebijakan kurikulum merdeka yang dibuat oleh pemerintah merupakan penyederhanaan dari kurikulum sebelumnya yang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna sesuai dengan zamannya. Apalagi di abad ke-21 peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan berfikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreatifitas yang bisa didapatkan salah satunya di sekolah. Khususnya sekolah berasrama yang memberikan nilai lebih dibandingkan dengan sekolah formal biasanya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ialah bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran abad ke-21 di sekolah berasrama. Metode penelitian yang akan digunakan ialah kepustakaan dengan teknis analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah melalui perpaduan kurikulum merdeka dan kurikulum khas asrama peserta didik dapat memiliki keterampilan abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...