Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 02 (2024): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Analisis Bibliometrik tentang Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Era Digital

Loso Judijanto (IPOSS Jakarta, Indonesia)
Siska Dwi Yulianti (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini melakukan analisis bibliometrik terhadap pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dalam konteks era digital, dengan memanfaatkan database utama seperti Web of Science, Scopus, dan Google Scholar. Analisis ini mengidentifikasi tema utama, tren, dan kesenjangan dalam penelitian yang ada, serta menggambarkan bagaimana kemajuan digital telah mempengaruhi pengembangan kurikulum secara global. Dengan menganalisis data dari tahun 2003 hingga 2024, studi ini menyoroti bagaimana integrasi teknologi digital dalam pendidikan telah menyesuaikan kebutuhan kurikulum untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan relevan di era digital. Temuan menunjukkan bahwa walaupun ada kemajuan signifikan dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi, masih terdapat celah penelitian khususnya dalam penerapan teknologi dalam pedagogi dan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pembuat kebijakan dan pendidik untuk merumuskan strategi yang efektif dalam mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan digital saat ini dan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...