Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 02 (2024): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Pengaruh Kualitas Guru dan Metode Pengajaran terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Islam pada Siswa Sekolah Menengah di Indonesia

Muhammad Rusdi (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh kualitas guru dan metode pengajaran terhadap pemahaman konsep pendidikan Islam di kalangan siswa sekolah menengah di Indonesia melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain survei cross-sectional, mengumpulkan data dari 160 siswa dengan menggunakan kuesioner berskala Likert. Structural Equation Modeling (SEM) dengan analisis Partial Least Squares (PLS) dilakukan untuk menguji hubungan antara kualitas guru, metode pengajaran, dan pemahaman siswa tentang konsep pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas guru dan metode pengajaran dengan pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan Islam. Secara khusus, guru yang menunjukkan tingkat pengetahuan mata pelajaran yang tinggi, keterampilan pedagogis, dan komitmen agama secara positif mempengaruhi pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip Islam. Demikian pula, metode pengajaran yang inovatif dan menarik meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Temuan-temuan ini menyoroti pentingnya berinvestasi dalam pelatihan guru dan menerapkan strategi pengajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah menengah di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...