ANALISIS MATERI ESENSIAL MATA PELAJARAN PANEL BODY DAN RANGKA PADA KURIKULUM MERDEKA Amir Fatah*: Kir Haryana; Yoga Guntur Sampurna;Supriyono, Dinar Kurniawan; Amar Nazarudin; Nawa Renobarta Maulidino, Muhamad Jafar Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta*Corresponding Author: amir_fatah@uny.ac.id Abstract This research is a survey aimed at identifying essential materials in the panel body and frame subjects. This is necessary because it will help identify the core materials that are crucial and relevant to be developed in the learning process, thus improving the efficiency of the learning process. It ensures that students acquire knowledge and skills that can be applied in real life, providing opportunities to develop critical and creative thinking skills, and a deeper understanding of key concepts and the application of that knowledge in different contexts. Data collection was carried out using questionnaires reinforced with interviews, and data analysis was conducted using descriptive methods. The research population consisted of vocational school teachers in the Special Region of Yogyakarta, while the research sample focused on three schools specializing in light vehicle body engineering. The research respondents included 12 teachers distributed across three vocational schools. The results of the study show how teachers determine essential materials in the panel body and frame subjects by involving industry partners in accordance with the guidelines for the development of the independent curriculum. The most essential materials selected by teachers in the Panel Body and Frame subjects include the removal, installation, and light repair of body panels, doors, fenders, and closed panel repairs. Key Words: Materials, Essential, Vehicle Body, Engineering AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian survey dengan tujuan untuk mengetahui materi esensial pada mata pelajaran panel bodi dan rangka. Hal ini perlu dilakukan karena akan membantu mengidentifikasi pokok-pokok materi yang paling krusial dan relevan untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, memastikan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, dan lebih mendalam memahami konsep-konsep kunci dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam konteks yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diperkuat dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta, sementara sampel penelitian difokuskan pada tiga sekolah yang memiliki konsentrasi keahlian Teknik bodi kendaraan ringan. Responden penelitian berjumlah 12 guru yang tersebar di tiga SMK. Hasil penelitian menunjukkan cara guru menentukan materi esensial pada mata pelajaran panel bodi dan rangka dengan melibatkan industri mitra sesuai dengan petunjuk pengembangan kurikulum merdeka. Adapun materi paling esensial yang dipilih guru pada mata Pelajaran Panel Body dan Rangka adalah pelepasan, pemasangan dan perbaikan ringan panel bodi, pintu, fender, perbaikan panel tertutup. Kata Kunci : Materi, Esensial, Teknik, Bodi, Kendaraan
Copyrights © 2023