Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2023): November: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP)

Aplikasi Molemath Terhadap Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 7 Batu Ampar

Muhammad Assobirin (IKIP PGRI PONTIANAK)
Marhadi Saputro (IKIP PGRI PONTIANAK)
Hartono Hartono (IKIP PGRI PONTIANAK)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 7 Batu Ampar yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Batu Ampar sebanyak 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal pre-test posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa kevalidan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan sangat valid, kepraktisan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan sangat praktis, dan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP), dengan E-ISSN : 2962-3081 adalah jurnal ilmiah penelitian pendidikan. Jurnal ini menerbitkan artikel tentang hasil penelitian di bidang pendidikan baik dalam arti luas (pendidikan umum) maupun spesifik (mengacu pada bidang studi tertentu). Jurnal ...