WhatsApp dan Google Meet merupakan dua aplikasi yang jika dikombinasikan dapat membantu keberhasilan pembelajaran matematika dan memaksimalkan hasil belajar siswa atau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran matematika berbantuan Google Meet dan WhatsApp yang dirancang oleh dosen dan menguji efektivitas dari rancangan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain sequential exploratory di mana peneliti terlebih dahulu melaksanakan penelitian kualitatif (pada penelitian ini yaitu studi kasus) kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif (pada penelitian ini yaitu eksperimen semu). Penelitian studi kasus melibatkan seorang dosen yang masih tetap menggunakan pembelajaran online sebagai salah satu alternatif sedangkan partisipan pada penelitian kuantitatif adalah kelas yang diajar oleh dosen yang bersangkutan. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini adalah mean dari skor tes matematika mahasiswa yang lebih dari 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen telah merancang secara sistematis pembelajaran matematika online berbantuan WhatsApp dan Google Meet dimulai dari kegiatan pendahuluan atau pembuka, inti, dan penutup. hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa mean dari skor mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online tersebut adalah 79,15 dengan standar deviasi 16,16. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbantuan Google Meet dan WhatsApp efektif untuk diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023