Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE)
Vol. 2 No. 2 (2023): Volume 2 No 2 2023

PENERAPAN LESSON STUDY MELALUI METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER MATERI SIMBOL PANCASILA KELAS 1 MIM AHMAD DAHLAN KACANGAN

Zakiya Darojah (MIM Ahmad Dahlan Kacangan)
Dwi Lestari (Unknown)
Parjiyem Parjiyem (Unknown)
Aris Muttaqin (Unknown)
Eny Winaryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Penggunaan dan penerapan metode pembelajaran NHT (Number Head Together) melalui pembelajaran Lesson study merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan lesson study melalui metode pembelajaran NHT (Number Head together) pada materi simbol Pancasila kelas 1 MIM Ahmad Dahlan Kacangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui kegiatan lesson study yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu Plan, Do, See. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi video selama proses pembelajaran berlangsung. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MIM Ahmad Dahlan Kacangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan lesson study melalui metode pembelajaran NHT dapat berjalan dengan baik selama proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapakan. Penerapan lesson study pada siswa kelas rendah akan lebih menarik ketika dikombinasikan dengan permainan, hal ini akan lebih menarik perhatian siswa sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jlste

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, published twice a year, always places Lesson Studies and Teacher Education in the central focus of academic inquiry. This journal, serving as a forum for the Lesson Study and Teacher ...