Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Pengaruh Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Galangan Kapal IV

Afiat, A. Nur (Unknown)
Lukman Ismail (Unknown)
Ulfayani Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi fokus utama dalam mengembangkan proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang menarik perhatian adalah media Canva, yang menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan kreativitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Canva terhadap hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam IPS. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga menunjukkan partisipasi yang aktif, dengan kehadiran dan keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal. Kesimpulannya, penggunaan media Canva memiliki dampak positif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...