Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi fokus utama dalam mengembangkan proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang menarik perhatian adalah media Canva, yang menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan kreativitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Canva terhadap hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam IPS. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga menunjukkan partisipasi yang aktif, dengan kehadiran dan keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal. Kesimpulannya, penggunaan media Canva memiliki dampak positif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Inpres Galangan Kapal IV, Makassar.
Copyrights © 2024