Fenomena phubbing yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Kencong - Jember, dimana saat mereka berada di suatu kelas untuk menunggu gurunya datang tidak sedikit dari mereka lebih asik untuk memainkan smartphone-nya daripada mengobrol langsung dengan teman temannya bahkan diluar kelas, mungkin untuk mengecek sosial medianya atau memang ada urusan yang penting yang memerlukan untuk mengecek smartpone-nya. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah: “Apakah Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember?”sedangkan rumusan masalah secara khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing gangguan komunikasi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember? (2) Apakah Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing obsesi terhadap ponsel Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember? Tujuan Umum dari penelitian ini Untuk mengetahui Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember. Tujuan Khusus (1) Untuk mengetahui Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing gangguan komunikasi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember. (2) Untuk mengetahui Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat memperbaiki perilaku phubbing obsesi terhadap ponsel Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong – Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan fiel research dengan menggunakan metode Eksperimen dan desain One Group Pretest Posttest Design, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 35 siswa dari 1116 populasi. Teknik pengumpulan data meliputi: Angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 25.0 dengan hasil analisis yaitu: (1) variabel Y diperoleh hasil t hitung 40,534 dan nilai sig. 0,000,(2) Subvariabel Yı diperoleh hasil t hitung 38,727 dan nilai sig. 0,000,(3) Sub variabel Y₂ diperoleh hasil t hitung 30,873 dan nilai sig. 0,000.Dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima, artinya: Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat mengurangi perilaku phubbing siwa di SMA Negeri 1 Kencong – Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. (1) Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat mengurangi perilaku phubbing dalam gangguan komunikasi siwa di SMA Negeri 1 Kencong – Jember. (2) Efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dapat mengurangi perilaku phubbing dalam obsesi teradap ponsel siwa di SMA Negeri 1 Kencong – Jember
Copyrights © 2022