Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbasis Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Asep Tutun Usman (Unknown)
Masripah (Unknown)
Neng Fufu Fauziah Nurzaida (Unknown)
Iman Saifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2024

Abstract

Model Pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Namun terkadang tidak semua guru di dalam kelas menyampaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cepat merasa bosan, ngantuk, malas dan tidak bersemangat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbasis media kartu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Al-Musaddadiyah Garut dan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran TGT, dan juga bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT di MTs Al-Musaddadiyah Garut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen bentuk Non Equivalent control group design. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT memiliki respon/ nilai yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar observasi guru yang menunjukkan angka 86% yang berarti sangat baik dan juga hasil lembar observasi siswa yang menunjukkan angka 72,5% yang berarti baik. Selain itu diperkuat lagi dengan respon siswa melalui penyebaran angket yang memiliki perolehan angka 80,12% yang berarti sangat baik. (2) Dari Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT memiliki rata-rata yang sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest siswa kelas VII-2 yang rata-ratanya adalah 61,82. (3) Dari Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT memiliki rata-rata yang sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest awalnya 61,82 dan hasil postestnya memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,94.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...