Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

ALIRAN-ALIRAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF FILSAFAT

Alfina (Unknown)
Dina Khaerunnisa (Unknown)
Siti Dhoyfatul Hamdiah (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)
Dina Indriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Kajian ini mengkaji sekolah pendidikan dari sudut pandang filosofis dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang kerangka ideologis dan gagasan masing-masing sekolah mengenai tujuan, metode, dan proses pendidikan. Dalam hal ini, analisis filosofis dapat membantu mengungkap nilai-nilai yang mendasari setiap sekolah dan implikasi filosofis terhadap pendekatan pembelajaran, pengajaran, dan penilaian dalam lingkungan pendidikan. Pemahaman yang lebih mendalam tentang sekolah-sekolah ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana filosofi pendidikan mempengaruhi praktik pendidikan dan perkembangan individu dalam masyarakat. Sekolah dalam Pendidikan dari Perspektif Filsafat dapat mencakup analisis rinci tentang pandangan masing-masing sekolah, seperti: Permanensi, esensialisme, progresivisme, konstruktivisme, humanisme, realisme, dan idealisme. Nilai-nilai yang mendasari setiap sekolah dan implikasi filosofisnya terhadap praktik pendidikan. Pemahaman yang lebih mendalam tentang kerangka kerja ini akan membantu praktisi pendidikan membuat keputusan yang lebih tepat ketika merancang kurikulum, menerapkan metode pengajaran, dan melakukan penilaian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...