Strategi Kepala Madrasah merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan peningkatan budaya religius madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan kendala dalam membangun budaya religius. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Prosedur analisis data adalah Reduksi Data, Data, dan Verifikasi. Sedangkan subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, dan Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius (2) Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam membangun budaya religius di madrasah, kondisi guru di madrasah namun masih terkendala oleh tenaga pendidik, kurangnya tenaga ahli, sedangkan kondisi lingkungan siswa juga mempengaruhi siswa yang baru berkembang, padahal pihak lembaga sendiri telah memaksimalkan pembelajaran ekstrakurikuler dan kebutuhan lainnya, sehingga pengembangan budaya religius di MTs Al-Huda Sukorejo Banyuwangi.
Copyrights © 2024