Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSFEKTIF FILSAFAT

Fadilatunnisa (Unknown)
Husnul Hotimah (Unknown)
Mei Wulida (Unknown)
Dina Indriyana (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Landasan filosofis sains, yang mencakup kerangka teoritis, paradigma ilmiah, dan asumsi fundamental, sebagian besar bertanggung jawab atas hasil dan proses sains. Ketiga hal tersebut menjadi landasan filosofis apa yang mampu memberikan suatu sistem, arah dan gaya pada ilmu pengetahuan selanjutnya. Dari sudut pandang filosofis, pandangan dunia Islam pada hakikatnya merupakan asumsi teologis-metafisik atau hard core dalam ilmu pendidikan Islam. Inilah ciri khas yang membedakannya dengan sekolah umum. Anggapan mistik filosofis tersebut dapat dikaitkan dengan permasalahan al-sawabit (yang ditata), sedangkan standar dan spekulasi dapat dikaitkan dengan al-mutahlawwil (yang berubah). Dengan pandangan dunia seperti ini, pengajaran Islam sebenarnya ingin mengenal perbedaan-perbedaan antar dakwah yang mendekat. dengan metodologi yang logis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...