Keterampilan menyimak dalam bahasa sering kurang diperhatikan karena media dan sarana yang tidak memadai, guru yang kurang menguasai teknologi, metode konvensional, dan siswa yang kurang aktif. Data PISA 2018 menunjukkan penurunan kemampuan membaca dengan rata-rata 371 poin. Di kelas II MI Al-Abror Wonorejo, metode ceramah dan media teks bacaan kurang efektif. Media yang tepat seperti hand puppet dapat membantu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas hand puppet terhadap keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas II di MI Al-Abror Trowulan. Dengan desain eksperimen Control Group Pretest-Posttest, kelas eksperimen menggunakan hand puppet dan kelas kontrol tidak. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata yang hampir seimbang antara kelas eksperimen (40.00) dan kontrol (48.89). Post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen (80.00) dibanding kontrol (61.85). Penelitian ini menunjukkan hand puppet secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak dengan N-Gain Score 66% pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol hanya 25%. Media pembelajaran interaktif seperti hand puppet efektif meningkatkan keterlibatan dan kemampuan siswa.
Copyrights © 2024