Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Khususnya di lingkungan sekolah SMP IT Al-Khoriyah Garut. Hal ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada mata Pelajaran SKI melalui Penerapan Metode Role Playing. Dalam hal ini dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kecerdasan yang dimiliki siswa sehingga diketahui hasilnya sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Di tambah dengan teknik lain yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design dilakukan di kelas VII sejumlah 26 siswa dan VIII sejumlah 31 siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan tes yang merupakan tes tulis (Pilihan Ganda) dan terbagi menjadi Pretest dan Posttest untuk mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai (pretest) dan (posttest) memperoleh hasil 90% untuk pemahamn siswa dan kegiatan belajar siswa 84%. Maka maka dapat disimpulkan bawa dengan perolehan nilai rata-rata 85% terjadi peningkatan yang sebelumnya 55%. Setelah melewati beberapa tahap perhitungan N.Gain sebesar 0,61 maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terdapat peningkatan.
Copyrights © 2024