Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): JUNI - JULI 2024

INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 106163 BANDAR KLIPPA KELAS 5

Isma Novia Siregar (Unknown)
Rahma Ayuni (Unknown)
Siti Afsah (Unknown)
Siti Misharyani (Unknown)
Sri Charina Putri Sebayang (Unknown)
Rosmaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 5 SD Negeri 106163 Bandar Klippa dan dampaknya pada hasil belajar siswa. Teori-teori yang digunakan mencakup Pembelajaran Multimedia, Kognitif Pembelajaran Multimedia, Belajar Sosial, Konstruktivisme, dan Belajar Behavioristik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan angket, observasi, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan penggunaan media pembelajaran yang intensif dan sesuai dapat meningkatkan pemahaman siswa, mengelola beban kognitif dengan baik, dan mendukung pembelajaran yang aktif dan konstruktif, sesuai dengan model ADDIE. Penelitian ini penting untuk pengembangan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...