Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam persepktif Pendidikan Umum (MKWU). Pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode analisis deskriptif. Pendidikan Umum memberikan makna kepada mahasiswa bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sarat dengan muatan nilai dan karakter bangsa. Hal tersebut sesuai dengan peranan PKn dalam mewujudkan peserta didik menjadi warga negara yang baik dan cerdas (smart and good citizen). Disaat pandemi seperti ini, sistem pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Berbagai model pembelajaranpun diuji dalam pelaksanaannya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi Pandemi. Hasil dari analisis ini adalah model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif Pendidikan Umum pada masa pandemi covid-19. Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, pendidikan umum, covid-19.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021