Penelitian ini untuk memfokuskan pada “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah”. Tujuan umum penelitian adalah “kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah . Tujuan khusus yakni; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah, 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Metode penelitian yakni deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey, dengan populasi siswa kelas VII SMPN 2 tahun ajaran 2017/2018 Siantan Kabupaten Mempawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data berupa panduan wawancara, angket, soal tes dan dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan rumusn mean (rata-rata) dan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan dalam katagori “baik” yakni nilai rata-rata studi 72, 84 yang artinya Tuntas. 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan sebesar 81.625% yang termasuk kategori “meningkat”.
Copyrights © 2019