Untirta Civic Education Journal
Vol 5, No 2 (2020)

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PRAKTIK KEWARGANEGARAAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LITERASI DIGITAL WARGA NEGARA DI PROVINSI BANTEN

Damanhuri Damanhuri (Jurusan PPKn FKIP Untirta)
Ronni Juwandi (Jurusan PPKn FKIP Untirta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran digital yang dilakukan terhadap mahasiswa selama proses pembelajaran,  kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Praktek pembelajaran digital ini merupakan studi analisis yang digunakan dalam mengukur efektifiktas dan hasil yang terihat dalam peningkatan kualitas literasi digital warga negara dalam memanfaatkan akses media online dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur. Analisis data menggunkan Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas dengan teknik triangulasi. Berdasarkan data lapangan dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Learning Management System(LMS) ditemukan ada peningkatan pemahaman materi dan konten pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas literasi digital mahasiswa terutama dalam mengakses sumber referensi dalam pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...