Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran digital yang dilakukan terhadap mahasiswa selama proses pembelajaran, kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Praktek pembelajaran digital ini merupakan studi analisis yang digunakan dalam mengukur efektifiktas dan hasil yang terihat dalam peningkatan kualitas literasi digital warga negara dalam memanfaatkan akses media online dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur. Analisis data menggunkan Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas dengan teknik triangulasi. Berdasarkan data lapangan dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Learning Management System(LMS) ditemukan ada peningkatan pemahaman materi dan konten pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas literasi digital mahasiswa terutama dalam mengakses sumber referensi dalam pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Copyrights © 2020