Untirta Civic Education Journal
Vol 7, No 1 (2022)

PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KLS XI SMK MANDIRI 2 BALARAJA

Aryanti Dwi Untari (Universitas Banten Jaya)
Plesyia Indriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Mandiri 2 Balaraja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data statistik melalui uji regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis atau uji-t. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Mandiri 2 Balaraja. Berdasarkan nilai Fhitung = 1,093 sedangkan Ftabel sebesar 1,74. Data yang diperoleh berarti Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,093 ≤ 1,74. maka terdapat hubungan linier antara variabel X dengan variabel Y. Sedangkan nilai thitung sebesar 1,879 ≤ ttabel 1,993. Dengan demikian nilai thitung ≤ ttabel yaitu 1,879 ≤ 1,993 berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Mandiri 2 Balaraja”. Hal ini dikarenakan apabila siswa berprestasi besar kemungkinan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka kesimpulannya adalah H0 diterima dan Ha ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...