Untirta Civic Education Journal
Vol 6, No 2 (2021)

STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS SPADA DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN CIVIC COMPETENCES PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEWARGANEGARAAN INDONESIA

Dinar Sugiana Fitrayadi (Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ikman Nur Rahman (Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kemunculan wabah virus covid-19 telah “memaksa” proses pembelajaran dilakukan secara daring, hal ini mengakibatkan para pendidik harus lebih kreatif dalam mengemas proses pembelajaran tersebut sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran online berbasis SPADA dengan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari perkembangan civic competensi mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar kewarganegaraan indonesia. Metode Penelitian yang digunakan ini merupakan penelitian Research And Development dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 4 (empat) tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam penelitian ini akan dikembangkan buku ajar mata kuliah konsep dasar kewarganegaraan indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...