Untirta Civic Education Journal
Vol 6, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KARAKTER: TANTANGAN PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

Jumiati Tuharea (PPKn FKIP Universitas Pattimura Ambon)
Maslan Abdin (Politeknik Negeri Ambon)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Pendidikan karakter menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran dalam jaringan, PKn sebagai mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan karakter siswa mengalami hambatan dalam pembelajaran. kendala yang dihadapi guru dalam penerapan mebelajaran daring misalnya penguasaan teknologi, kendala jaringan internet dan inovasi pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajran daring yang seolah baru booming ketika pandemi Covid-19 terjadi. Selain itu metode evaluasi dari pendidikan karakter salah satunya dengan observasi langsung oleh guru, yang mengamati sikap atau perubahan sikap baru yang muncul pada diri peserta didik. dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan studi kasus dimaksudkan untuk mengetahui kondisi yang objektif dan mendalam tentang fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu guru masih mengunakan pembelajaran konvensonal yaitu guru masin bersifat aktif dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan ada beberapa factor antara lain terhalang kreasi guru pada saat mengunakan media virtual, keinginan belajar siswa menurun pada saat menggunaan media virtual, kesadaran orang tua belum begitu baik. Selain itu penanaman nilai-nilai karakter pada masa pandamik belum menyentu ranah aplikatif atau keterampilan siswa dalam menghadapi pendemik (Civic Skiil). Penguatan nilai-nilai karakter yang dilakukan masih pada tataran pengetahuan (Civic knowledge) yang bersifat konvensonal seperti dengan metode bercerita, percakapan/ tanya jawab pada tataran ini guru sangat dominan dalam pembelajaran.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Nilai-nilai Karakter, Tantangan Guru PKn.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...