Untirta Civic Education Journal
Vol 5, No 2 (2020)

PERAN BAZNAS PROVINSI BANTEN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA MELALUI PROGRAM BANTEN CERDAS

Ahmad Bukhori (FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Denny Soetrisna Adisendjaja (FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ria Yuni Lestari (FKIP Universitas SUltan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini membahas tentang 1) peran BAZNAS Prov. Banten pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas, 2) kegiatan yang dilakukan dalam program Banten Cerdas yang dilaksanakan BAZNAS Prov.Banten dalam pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera di Provinsi Banten, dan 3) faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program Banten Cerdas. Metodologi penelitian yang digunakan ialah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi, Sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran BAZNAS Prov. Banten dalam pemenuhan hak pendidikan melalui program banten cerdas dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi pembiayaan bantuan pendidikan, pembinaan kompetensi diri, peran serta warga negara dalam pembiayaan pendidikan, hingga upaya untuk mencegah terputusnya hak pendidikan masyarakat prasejahtera. Selain itu juga untPenelitian ini membahas tentang 1) peran BAZNAS Prov. Banten pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas, 2) kegiatan yang dilakukan dalam program Banten Cerdas yang dilaksanakan BAZNAS Prov.Banten dalam pemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera di Provinsi Banten, dan 3) faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program Banten Cerdas. Metodologi penelitian yang digunakan ialah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi, Sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran BAZNAS Prov. Banten dalam pemenuhan hak pendidikan melalui program banten cerdas dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi pembiayaan bantuan pendidikan, pembinaan kompetensi diri, peran serta warga negara dalam pembiayaan pendidikan, hingga upaya untuk mencegah terputusnya hak pendidikan masyarakat prasejahtera. Selain itu juga untuk mengetahui kegiatan pembinaan anak asuh BAZNAS Banten, Satu Keluarga Satu Sarjana, rumah pintar BAZNAS Banten serta faktor pendorong dan penghambat dalam menjalankan programuk mengetahui kegiatan pembinaan anak asuh BAZNAS Banten, Satu Keluarga Satu Sarjana, rumah pintar BAZNAS Banten serta faktor pendorong dan penghambat dalam menjalankan programPenelitian ini membahas tentang 1) peran BAZNAS Prov. Banten pemenuhan hakpendidikan masyarakat prasejahtera melalui program banten cerdas, 2) kegiatan yangdilakukan dalam program Banten Cerdas yang dilaksanakan BAZNAS Prov.Banten dalampemenuhan hak pendidikan masyarakat prasejahtera di Provinsi Banten, dan 3) faktorpendorong dan penghambat pelaksanaan program Banten Cerdas. Metodologi penelitianyang digunakan ialah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yangdigunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yangdigunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi, Sedangkan teknik pemeriksaandata yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa peran BAZNAS Prov. Banten dalam pemenuhan hak pendidikan melaluiprogram banten cerdas dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi pembiayaan bantuanpendidikan, pembinaan kompetensi diri, peran serta warga negara dalam pembiayaanpendidikan, hingga upaya untuk mencegah terputusnya hak pendidikan masyarakatprasejahtera. Selain itu juga untuk mengetahui kegiatan pembinaan anak asuh BAZNASBanten, Satu Keluarga Satu Sarjana, rumah pintar BAZNAS Banten serta faktor pendorongdan penghambat dalam menjalankan program

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...