Wangsa : Journal of Education and Learning
Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning

Damayanti, Riski (Unknown)
Salsabila, Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X MAS Al Washliyah P. Berandan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis pertanyaan pada mata pelajaran PAI. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi) digunakan. Penelitian dilakukan di MAS Al Washliyah P. Berandan dan dimulai pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis pertanyaan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini terbukti dengan peningkatan rata-rata skor observasi aktivitas berpikir kritis dan nilai tes siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan metode ini membuat siswa lebih terlibat dan kritis dalam proses pembelajaran, yang memungkinkan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wangsa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wangsa : Journal of Education and Learning is published by the Yayasan Manna Wa Salwa, to help students disseminate the results of their ...