Pendidikan untuk anak usia dini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal inilah yang membuat penelitian tentang anak usia dini menjadi penelitian yang sangat menarik untuk dikaji. Ruang lingkup pembahasan tentang pendidikan anak usia dini sangatlah luas, dan salah satu hal yang menarik untuk dibahas dalam pendidikan anak usia dini adalah pembelajaran bahasa. melalui pembelajaran bahasa diharapkan anak mampu menyampaikan pesan, atau berkomunikasi dengan baik. Dalam penelitian kali ini, bahasa lebih difokuskan sebagai bahasa Asing yaitu bahasa Arab, sebagai bahasa kedua yang dipelajari pada anak usia dini. Penelitian ini fokus mengkaji tentang strategi pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini, dan merupakan studi kasus di TPA Al Idris dusun Tejo, Desa Keraskulon, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menujukkan hasil bahwa strategi pembelajaran bahasa arab pada anak usia dini di TPA al-Idris yaitu strategi ghina’ araby, strategi ta’bir as shuwar, strategi bithaqat muzawijah, dan tahlil al akhtha’
Copyrights © 2023