Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing

Anisa Rizkayati (Universitas Muhammadiyah Buton)
Eka Rosmitha Sari (Universitas Muhammadiyah Buton)
Rimayasi (Universitas Muhammadiyah Buton)
Fitriani Baena (Universitas Muhammadiyah Buton)
Mitrakasih La Ode Onde (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Nganganaumala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas V.A. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yaitu dengan memilih satu kelas secara acak untuk dijadikan kelas sampelĀ  penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dapat meningkatkan hasil belajar matemtika siswa kelas V.A SD Negeri 2 Nganganaumala dari rata-rata < 71 menjadi 71, hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, siswa yang mempunyai nilai 71 mencapai 47,37% dan siklus II mencapai 89,47%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...