Jurnal Audiens
Vol. 5 No. 1 (2024): March

Pengembangan Metode Komunikasi Dakwah Tabligh Komunitas Life Is Right dalam Membentuk Karakter Pancasila pada Anak

Fajar Istikhomah (Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Madiun)
Awit Istighfarin (Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Madiun)
Putri Balqis Al-Kubro (Ilmu Aktuaria, Universitas Muhammadiyah Madiun)
Malik Ibrahim (Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Madiun)
Muhammad Qolbi Shobri (Ilmu Aktuaria, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Dakwah merupakan sebuah bentuk komunikasi yang paling sederhana namun memiliki keistimewaan. Sedangkan tabligh merupakan salah satu bentuk dakwah yang berfungsi untuk mengenalkan materi atau menginternalisasi nilai Islam terhadap mad’u. dalam perkembangan ilmu pengetahuan, keilmuan yang mengkaji dakwah semakin berkembang. Sehingga, terdapat pengembangan-pengembangan dalam metodenya untuk mempermudah pesan atau materi dakwah diterima oleh mad’u, salah satunya adalah dengan memahami kondisi mad’u secara psikologi. Dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana pengembangan metode komunikasi dakwah tabligh terhadap anak. Hal tersebut perlu dilakukan, karena anak memiliki keistimewaan secara psikologis. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan psikologi dan participatory action research. Dalam penelitian ini berhasil mendeskripsikan pngembangan metode komunikasi dakwah tabligh yang dilakukan komunitas Life is Right (LR) untuk mempermudah anak-anak menerima pesan atau materi yang disampaikan. Metode tersebut yaitu wayang orang, boneka tangan, drama, puzzle, dan diskusi dengan materi dakwah karakter Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...