ZIRAA'AH MAJALAH ILMIAH PERTANIAN
Vol 49, No 2 (2024)

THE IMPACT OF HUMAN SENSES ON CONSUMER PREFERENCE OF COFFE SHOPS IN BANJARBARU, INDONESIA

Windi Bunga Devita (Program studi Agribisnis Universitas Lambung Mangkurat)
Hartoni Hartoni (Program studi Agribisnis Universitas Lambung Mangkurat)
Amiratu Zakiah (Program studi Agribisnis Universitas Lambung Mangkurat)
Petrus Suse Kobesi (Program studi Agribisnis Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Lingkungan mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika berbicara tentang keberhasilan sebuah restoran, namun penelitian menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peranan yang lebih besar dalam persepsi seseorang. Kelima indera berperan dalam cara seseorang memandang lingkungannya, dan kafe dapat memanfaatkan hal tersebut agar lebih berhasil dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya daya tarik indera dalam pilihan kedai kopi oleh mahasiswa dan untuk memberikan wawasan kepada pemilik bisnis dan pemilik kafe khususnya tentang bagaimana indra dapat dimanfaatkan untuk menarik pelanggan. Penelitian ini menggunakan CFA (confirmatory factor analysis) untuk menganalisis pentingnya indra pada kedai kopi. Faktor penglihatan yang paling signifikan adalah warna dengan faktor pemuatan 0,840. Faktor yang paling berpengaruh adalah aroma mempunyai loading faktor 0,744, suara tidak adanya lalu lintas dengan faktor muatan 0,798, rasa asin dengan faktor muatan 0,901, dan sentuhan bahan tempat duduk dengan faktor muatan 0,871.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ziraah

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini Fokus pada Hasil Penelitian yang Orisinil dan Ruang Lingkup jurnal pada Bidang : 1. Agronomy 2. Agrotechnology 3. Agribisnis 4. Animal Production 5. Animal Feed and Nutrition 6. Social and Economic agriculture 7. Forestry 8.Fisheries and Marine Technology 8. Food Technogy and Industry 9. ...