Penulisan artikel ini didasarkan pada temuan di lapangan bahwa masih banyak lembaga pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Arab yang kurikulum pembelajarannya tidak mendukung proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pengembangan kurikulum dan implementasinya dalam pembelajaran bahasa Arab serta menjadi acuan bagi guru dan kepala sekolah dalam mengelola madrasah. Dalam artikel ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan menyajikan gambaran utuh dalam bentuk verbal atau numerik dan menyajikan informasi dasar tentang suatu hubungan serta mengeksplorasi suatu fenomena dan realitas sosial. Penulis menyimpulkan bahwa pada dasarnya kurikulum adalah suatu rencana pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan dan penyusunan kurikulum oleh pengembang kurikulum dan kegiatan yang dilakukan agar kurikulum yang dihasilkan dapat menjadi bahan ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum tidak akan tercapai jika hanya dibiarkan begitu saja setelah dikembangkan. Kurikulum yang dirancang secara optimal harus dilaksanakan dan mempunyai hasil bagi pembelajaran.
Copyrights © 2023