Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Klinik Instaskin Bali. Klinik Instaskin Bali merupakan Klinik yang menyediakan perawatan kulit dan kelamin. Beberapa permasalahan yang diungkapkan oleh pihak mitra antara lain kekurangpahaman mengenai teknik pemasaran jasa dan produk, pengelolaan kepegawaian serta pengelolaan hubungan dengan masyarakat. Solusi yang diberikan tim pengabdian yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital untuk mengembangkan pemasaran pada Klinik Instaskin Bali, pelatihan dan pendampingan human resource management untuk pengelolaan sumber daya manusia pada Klinik Instaskin Bali, dan pelatihan dan pendampingan excellence public relation untuk membagikan pemahaman mengenai pengelolaan hubungan dengan masyarakat. Metode pengabdian masyarakat yang dipakai adalah pelatihan serta pendampingan penerapan digital marketing, human resource management dan excellence public relation dengan teknik pengembangan komunitas dan edukasi. Dampak dan capaian pengabdian yaitu pihak Klinik Instaskin Bali dapat mengembangkan klinik dan memberikan standar pelayanan yang baik kepada masyarakat/pasien. Berdasarkan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yang telah dilakukan, didapatkan hasil pengabdian telah sesuai dengan target yang ditetapkan, pelaksanaan pengabdian berjalan efektif dan terdapat penyelesaian terhadap permasalahan mitra. Melalui kegiatan PKM pelatihan dan pendampingan terjadi peningkatan pengetahuan tentang digital marketing, human resource management dan excellence public relation.
Copyrights © 2024