Abdimas Galuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 1 (2024): Maret 2024

Strategi Pemasaran UMKM di Desa Mandalamekar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Eti Suminartika (universitas padjadjaran)
Yosini Deliana (Universitas Padjadjaran)
Sulistyodewi Nur Wiyono (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah  salah satunya pemasaran yang kurang berkembang, salah satu caranya melalui strategi pemasaran yang meliputi strategi distribusi dan strategi produk.  Salah satunya strategi distribusi yang dapat digunakan adalah memanfaatkan  media social, sedangkan strategi produk dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitasjenis produk.  Tujuan pengabdian ini adalah (1)  meningkatkan  pengetahuan peserta akan strategi pemasaran terutama penggunaan media sosial dan (2) meningkatkan keterampilan peserta  dalam menambah kualitas dan kuantitas jenis makanan.  Kegiatan PKM dilaksanakan dari tanggal 6 November sampai 6 Desember  2023.  Metoda yang digunakan adalah pelatihan berupa penyuluhan  dan demonstrasi dan praktek pengolahan makanan.  Peningkatan pengetahuan peserta di analisis secara statistik dengan menggunakan uji t berpasangan  pada tarap nyata 5 persen.  Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan akan strategi pemasaran terutama menggunakan media sosial dan peningkatan keterampilan pengolahan makanan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimasgaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

Abdimas Galuh memuat artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen maupun pengabdi lainnya dari berbagai institusi terkait penelitian dan pengabdian pada ...