Abstrak Tujuan dari kegiatan pengabdian masyrakat adalah melakukan pelatihan dan bimbingan teknis kepada desa Kuanheun sebagai salah satu desa yang memiliki potensi desa wisata yang berada di Kabupaten Kupang. Memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dari daerahnya untuk dijadikan harta karun pengembangan pariwisata agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Saat wisata ditingkatkan akan mendorong UMKM makanan dan lainnya pun bergerak. Desa Kuanheun dikunjungi sedikit wisatawan dan tidak dijadikan sebagai ladang uang bagi Desa tersebut Ketika ada wisatawan yang berkunjung. Metode dalam kegiatan pengabdian ini adalah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pendampingan, pelatihan dan bimbingan teknis perlu diterapkan agar mampu mengembangkan wisata alam di Desa Kuanheun. Dengan dokumen STP pelaku UMKM, pengurus BUMDes dan ibu-ibu PKK tahu tentang target pasar yang jelas dan promosi yang tepat bisa diterapkan. Kegiatan pengabdian berjalan dengan baik dan lancar. Peserta berharap kedepan bisa memberikan pelatihan lanjutan. Kata kunci: desa wisata; segmenting; targeting; positioning; social media marketing Abstract The aim of the community service activities is to provide training and technical guidance to Kuanheun village as one of the villages with tourism village potential in Kupang Regency. It has a lot of tourism potential that can be developed in the region to become a treasure trove of tourism development in order to increase people's income. When tourism is increased, it will encourage food and other MSMEs to move. Kuanheun Village is visited by few tourists and is not used as a source of money for the village when tourists visit. The methods in this service activity are preparation, implementation and evaluation. Assistance, training and technical guidance need to be implemented to be able to develop natural tourism in Kuanheun Village. With the STP document, MSME actors, BUMDes administrators and PKK women know about a clear target market and appropriate promotions can be implemented. Service activities run well and smoothly. Participants hope that in the future they can provide further training Keywords: tourist village; segmenting; targeting; positioning; social media marketing
Copyrights © 2024