Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pada bisnis Toko Vape Oi yang berlokasi di Jl. Kramat Sentiong No.75C, RT.12/RW.7, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10450. Diawali dengan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Analisis ini Selanjutnya dirumuskan menggunakan metode IFE (Internal Factor Evaluation) & EFE (External Factor Evaluation), setelah mengetahui hasil analisis IFE DAN EFE, berfokus kepada ruang perbaikan internal dan pengembangan peluang dilingkup eksternal toko tersebut. Selanjutnya analisis menggunakan CPM (Competitive Profile Matrix), yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan pesaing. Dari hasil CPM, dapat diketahui hasil skor Toko Vape Oi lebih unggul dari dua pesaing lainnya. Lalu diakhiri menggunakan QSPM (Quantitative strategic planning matrix), untuk penyusunan strategi yang melibatkan faktor-faktor eksternal dan internal yang relevan ke dalam proses keputusan. Hasil dari QSPM menyatakan bahwa skor alternatif II pengembangan pasar lebih unggul dibandingkan skor alternatif I pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, strategi yang tepat untuk Toko Vape Oi adalah pengembangan pasar.
Copyrights © 2024