Edu Geography
Vol. 12 No. 1 (2024): VOL 12 NO 1 (2024)

Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Persebaran Flora Fauna di Indonesia Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Vlog SMA Negeri 2 Ciamis

Ajengph (Unknown)
Siti Fadjarajani (Unknown)
Mega Prani Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah untuk memanfaatkan penggunaan model discovery learning berbantuan media vlog pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia kelas XI SMA Negeri 2 Ciamis, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitati. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan model discovery learning berbantuan media vlog terdiri dari enam tahap, yakni Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsang) dengan berbantuan media vlog, Problem statement (Pernyataan/Identifikasi masalah), Data collection (Pengumpulan data), Data processing (Pengolahan data) dengan mengerjakan LKPD, Verification (Pembuktian) dengan presentasi hasil penemuan tiap kelompok, dan Generalization (Menarik kesimpulan) adanya kegiatan tanya jawab. Hasil motivasi belajar pada materi persebaran flora dan fauna kelas XI sebelum diterapkannya model discovery learning berbantuan media vlog memperoleh rata-rata sebesar 75,286, sedangkan setelah penerapan model discovery learning berbantuan media vlog memperoleh rata-rata 80,686. Pengaruh model discovery learning berbantuan media vlog terhadap motivasi belajar setelah dilakukan uji regresi linier sederhana memperoleh persamaan Y= 89,359+0,359 X. Terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media vlog terhadap motivasi belajar sebesar 36 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...