Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan Lirik Lagu Bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan kosakata siswa di kelas satu SMP Negeri 1 Bulukumba. Peneliti menggunakan desain pra-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test. Populasi penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling pada siswa kelas I SMP Negeri 1 Bulukumba tahun ajaran 2023/2024. Populasinya berjumlah 29 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kosakata siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 55,68 dan post-test adalah 82,06. Selanjutnya nilai uji t sebesar 8,34 lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,048 pada taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (df) sebesar 28. hasil nilai uji t lebih besar dari t tabel (8,34 > 2,048). Oleh karena itu, dapat disimpulkan H1 diterima yang berarti penggunaan lirik lagu berbahasa Inggris di YouTube dapat meningkatkan kosakata.
Copyrights © 2024