JPSL : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Lingkungan
Vol. 2 No. 1 (2023): JPSL : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Lingkungan

Kedisiplinan Belajar Dalam Aktivitas Belajar Mengajar Siswa Kelas IV SDN 24 Woja

Aidin (STKIP AL-AMIN DOMPU)
Rizka Awaluddin (STKIP Al Amin Dompu)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai kedisiplinan pada kelas IV SD Negeri 24 Woja. Fokus penelitian adalah Kedisiplinan Belajar Dalam  Aktifitas Belajar Mengajar Siswa Kelas IV SD Negeri 24 Woja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 24 Woja . Penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV Sekolah Dasar memiliki nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan komunikasi nilai yang meliputi; kegiatan rutin, pendekatan secara emosional, pembinaan. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan. Tantangan yang di alami guru dalam mengimplementasikan  nilai kedisiplinan yaitu pelaksanaan implementasi masih terpaku pada aturan sekolah, program belum berjalan jika belum ada perintah dari sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpsl

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan, Sosial dan Lingkungan menerbitkan artikel ilmiah pendidikan, Sosial dan Lingkungan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 2 kali setiap tahun pada bulan Maret dan ...