Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024)

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru

Yohanes Kefi (Universitas Negeri Medan)
Rosnelli Rosnelli (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru, Sibolangit. Sebagai sekolah penggerak, SMA Deli Murni Bandar Baru diharuskan menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai Permendikbud No. 5 Tahun 2022. Kepemimpinan transformasional dianggap krusial dalam memfasilitasi perubahan positif dan pengadopsian Kurikulum Merdeka. Dalam konteks ini, kepala sekolah berperan sebagai pemimpin pedagogis, menginspirasi staf dan siswa untuk mengadopsi perubahan positif, mengembangkan potensi, dan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka melibatkan kesiapan sekolah, terutama dalam aspek sumber daya manusia dan faktor geografis. Diperlukan kesiapan dan kompetensi kepala sekolah dalam memimpin dan menggerakkan seluruh elemen sekolah agar implementasi kurikulum berjalan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah berhasil menerapkan kepemimpinan transformasional dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Kepemimpinan tersebut memberikan dukungan terhadap perubahan kurikulum, mengatasi hambatan, dan menciptakan lingkungan kondusif untuk implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

impian

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN) is a scientific journal published by the Masters Program in Education Management, Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. This journal contains the results of studies and research related to education management science and ...