Pendidikan adalah sarana dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan guru merupakan pilar dari terlaksananya pendidikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran organizational citizenship behavior yang ada di lingkup sekolah serta mengetahui manfaatnya terhadap keberlangsungan organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan tinjauan literatur terkait organizational citizenship behavior pada guru di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui basis data elektronik Google Scholar dan Science Direct. Terdapat 425 artikel yang ditemukan dari hasil pencarian pada laman tersebut. Setelah melakukan screening dan review berdasarkan kriteria inklusif dan eksklusif, diperoleh 10 literatur yang disintesis pada tinjauan literatur ini. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa organizational citizenship behavior memiliki manfaat untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam mencapai tujuan organisasi sehingga penting untuk meningkatkan organizational citizenship behavior pada guru di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024