Golden Age and Inclusive Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Golden Age and Inclusive Education

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR KRISTEN ANAK BANGSA SURABAYA

Yulistina, Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan ”jika ada hubungan peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD Kristen Anak Bangsa JL. Manyar Kartika no. 6, Menur Pumpungan, Kec Sukolilo Surabaya, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif ( descritive researce). Subjek penelitian termasuk instruktur kelas dan sejumlah murid kelas V SD Kristen Anak Bangsa, yang dianggap sebagai orang-orang yang memiliki pengetahuan paling banyak tentang informasi yang harus dikumpulkan. Teknik untuk menganalisis data peneletian menggunakan data kualitatif. Menggunakan teknik triangulasi untuk menilai keaslian data, tahap ini memverifikasi kredibilitas data dengan referensi silang dengan informasi dari sumber yang sama menggunakan metode yang sama. Subjek penelitian. Berdasarkan pemaparan di atas. Peneliti menyampaikan sebagai berikut; fungsi guru dalam kelas memotivasi belajar siswa di SD Kristen Anak Bangsa sudah di lakukan dengan sebaik-baiknya dalam memotivasi belajar siswa. Peran guru kelas V SD Kristen Anak Bangsa dalam memotivasi belajar antara lain; guru mampuh menciptakan suasana kelas yang kondusif, guru menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru meningkatkan antusias dan semangat dalam mengUntuk memotivasi siswa untuk belajar, guru merancang berbagai strategi pengajaran, memberi mereka pujian, hadiah, atau nilai, dan melibatkan mereka dalam semua kegiatan kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

galon

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Golden Age and Inclusive Education (E-ISSN: 3047-2016), published twice a year in April and October, focuses on information that will improve the lives of young children in early childhood and with special needs and their families. The practical nature of this journal helps professionals improve ...