BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024)

Penguatan Literasi Numerasi Melalui Diseminasi Penggunaan Media dan Platform Pembelajaran Phetcolorado dan Canva

Rosiana Mufliva (PGSD UPI)
Tatat Hartati (Prodi Pendidikan Dasar SPs UPI, Bandung, Indonesia)
Dwi Heryanto (Prodi PGSD FIP UPI, Bandung, Indonesia)
Effy Mulyasari (Prodi PGSD FIP UPI, Bandung, Indonesia)
Ira Rengganis (Prodi PGSD FIP UPI, Bandung, Indonesia)
Izzah Muyassaroh (Prodi PGSD FIP UPI, Bandung, Indonesia)
Rina Heryani (Prodi PGSD FIP UPI, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyrakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan kompetensi pedagogik khususnya perancangan dan penggunaan media pembelajaran dalam rangka penguatan literasi dan numerasi sebagai bekal fundamental di era society 5.0 bagi guru Sekolah Dasar. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di Kabupaten Kuningan dalam menggunakan media pembelajaran dan mengenal berbagai platform pembelajaran yang dapat memperkuat kompetensi literasi dan numerasinya dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Sehingga, Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan agar dapat menyajikan pembelajaran yang inovatif dengan mengeksplorasi berbagai media pembelajaran yang variatif guna mendukung penguasaan siswa dalam bidang literasi numerasi. Metodologi yang digunakanpada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merujuk pada model training yang berdasar pada kebutuhan pelatihan (training need assesment) dengan pendekatan model deduktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakasanakan secara daring dan luring dengan melibatkan lebih dari 100 peserta. Melalui pendampingan guru-guru Sekolah dasar dapat mengembangkan produk media literasi numerasi di SD berbasis platform phetcolorado dan canva. Simpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah melalui pelatihan dan pengembangan media pembelajaran berdasarkan platform penguatan literasi numerasi bagu guru-guru SD Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran inovatif yang lebih kontekstual, adaptif, fleksibel dan sesuai dengan karakteristik dan tugas perkembangan siswa SD

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...