Penerapan Asset-Based Community Development (ABCD) dengan objek perguruan tinggi sebagai sebuah lembaga secara holistik belum ada. Sebagai pelaksana tridharma, sudah seharusnya perguruan tinggi mengimplemntasikan teori-teori pengabdian kepada masyarakat ke dalam. Apalagi, perguruan tinggi didukung aset baik SDM maupun SDA yang sangat luar biasa. Tulisan ini menyajikan empat tahapan dalam metode ABCD yakni Discovery, Dream, Design, dan Destiny dalam menyiapkan dan menyusun akreditasi program studi APS 4.0. Hasil Pemetaan Aset Kampus ditinjau dari IAPS 4.0 diperoleh bahwa Aset Manusia inline dengan Kriteria 2 dan Kriteria 3, Aset Fisik selaras dengan Kriteria 1 dan Kriteria 4, Aset Sosial cocok dengan Kriteria 6 dan Kriteria 7, Aset Finansial tercermin dalam Kriteria 4, Aset Natural mencerminkan Kriteria 4. Selanjutnya brsama dengan komunitas disusun strategi dan timeline penyusunan Laporan Kinerja Progam Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri Program Studi (LEDPS). Pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah disepakati dilakukan oleh komunitas didampingi tim. Tahapan akhir dilakukan melalui simulasi atas isian komunitas. Hasil simulasi ini menjadi bagian yang sangat penting untuk melihat posisi prodi serta sebagai pijakan untuk menentukan langkah kongkret dalam meningkatkan mutu program studi
Copyrights © 2024