Masile:Jurnal Studi Ilmu Keislaman
Vol 3 No 2 (2022): MASILE

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V

Fahira, Linda (Unknown)
Mayasari, Annisa (Unknown)
Rozak, Johan (Unknown)
Purbaya, Deden (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

AbstrakTipe penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Penelitian ini masih terdapat masalah berupahasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnyapenggunaan media pembelajaran oleh guru IPA dalam pembelajaran terutama pada materi yangsifatnya sangat membutuhkan media untuk menjelaskan materi. Oleh sebab itu, gunamenunjang hasil belajar dalam Ilmu Pengetahuan Alam, dengan demikian perlu dilakukanpenelitian terkait dengan penggunaan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk memperolehpengetahuan terdapat tidaknya pengaruh pemakaian alat peraga muatan pelajaran IPA padamateri sistem pencernaan manusia siswa kelas V. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan datameliputi observasi dan tes. Bersumber pada informasi hasil uji paired sample t-test, denganjumlah populasi 27 dari pretest dan posttest bisa dilihat ada perbandingan yang signifikan. Ratarata hasil pretest belajar siswa diperoleh 52,96. Setelah diberi treatment alat peraga torso ratarata hasil belajar siswa menjadi 75,37. Dari hasil analisis dalam penelitian ini, dapatdisimpulkan bahwa penggunaan media torso dapat memberikan pengaruh yang signifikanterhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata kunci: Alat peraga,Torso, IPA, Hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

masile

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

OCUS MASILE: Journal of Islamic studies emphasizing Contemporary Islamic studies in Indonesia, Southeast Asia, and a Global Perspective with a multidisciplinary approach SCOPE This journal specializes in studying the theory and practice of various topics of Islamic studies, specifically Islamic ...